Cara Mengobati Diare Untuk Dewasa

Cara Mengobati Diare
Mencegah dan mengobati diare bisa di bilang gampang-gampang susah.Diare itu sendiri bukanlah suatu penyakit, tetapi adalah suatu gejala. Anda biasanya disebut memiliki diare bila Anda buang air besar lebih sering (lebih dari tiga kali sehari), mengeluarkan tinja yang encer dan/atau volumenya meningkat (lebih dari 250 gram per hari pada orang dewasa).
Diare secara umum dibedakan menjadi akut dan kronis (atau persisten) berdasarkan durasinya. Diare akut dimulai dengan cepat dan berlangsung tidak lebih dari 14 hari. Sebagian besar diare adalah jenis ini dan umumnya tidak berbahaya. Satu dari tiga orang dewasa sehat mengalami diare setidaknya sekali dalam setahun. Diare kronis atau persisten berlangsung lebih dari 14 hari. Diare berkepanjangan ini biasanya memiliki penyebab dan menimbulkan masalah yang berbeda sehingga penanganannya berbeda dengan diare akut.
Penyebab
Berbagai penyakit dapat mengganggu fungsi usus kecil atau usus besar sehingga menyebabkan diare. Pada prinsipnya ada dua mekanisme dasar yang berperan dalam pengembangan diare yaitu peningkatan mobilitas usus yang mempercepat transit makanan atau cairan berlebihan di dalam usus.


Penyebab yang sering terjadi pada diare akut:
  • Keracunan makanan. Bakteri seperti clostridium botulinum, e.coli dan salmonella gastro pada makanan yang terkontaminasi dapat mengeluarkan racun yang menyerang saluran pencernaan. Beberapa jam setelah masuk, racun mereka akan terasa efeknya.
  • Obat-obatan: beberapa orang mengalami diare setelah mengonsumsi obat-obatan tertentu, terutama jenis antibiotik , yang dapat menyerang dan merusak flora usus.
  • Intoleransi makanan, seperti intoleransi laktosa pada orang yang kekurangan enzim laktase yang membantu pencernaan produk susu. Bahan-bahan susu yang tidak tercerna dapat menyebabkan diare akut.
Penyebab utama pada diare kronis:
  • Irritable bowel syndrome: sebuah iritasi pada usus yang berbahaya
  • Inflamasi usus kronis (ulcerative colitis, penyakit Crohn )
  • Infeksi usus kronis oleh parasit seperti Amoeba, Giardia, Clostridium difficile
  • Penyalahgunaan obat pencahar
  • Dalam kasus yang jarang, gangguan metabolik seperti tiroid yang terlalu aktif (hipertiroidisme), tumor ganas seperti kanker pankreas atau operasi usus dapat menyebabkan diare.
Diagnosis Diare
Pada pasien diare akut, dokter biasanya cukup mempelajari riwayat medis dan melakukan pemeriksaan fisik untuk menegakkan diagnosis. Namun, bila diare berlangsung lama atau disertai demam, dokter mungkin perlu mempertimbangkan pemeriksaan lanjutan seperti pemeriksaan tinja dan pemeriksaan darah.
Untuk mengetahui penyebab diare kronis, pemeriksaan lanjutan diperlukan guna mengetahui penyakit yang mendasari. Misalnya, dengan melakukan kolonoskopi, pemeriksaan sinar-x kontras (barium), USG abdomen, dll.
Penanganan Diare
Untuk Cara Mengobati Diare adalah denganPerawatan , yang terpenting untuk mengobati diare adalah memastikan kecukupan asupan cairan dan garam (elektrolit). Untuk gejala ringan sampai sedang, Anda bisa menggunakan obat-obatan ringan yang dapat mengurangi diare bahkan dapat menjadi Cara Mengobati Diare
Pada kasus yang parah dan pada anak-anak, wanita hamil, dan orang tua yang bisa berbahaya bila kehilangan banyak cairan, pemberian infus mungkin diperlukan. Bila penyebabnya adalah keracunan makanan, dokter mungkin perlu memberikan obat-obatan untuk membunuh patogen yang berada di usus dan mencegah kerusakan mukosa lebih lanjut. Obat antispasmodik dapat membantu mengurangi nyeri kolik abdomen dan salah satu Cara Mengobati Diare
Cara Mengobati Diare di atas tidak manjur. Seperti Diare kronis harus diatasi dengan mengobati penyakit yang mendasarinya. Diare berkepanjangan dengan dehidrasi berat dapat menyebabkan perdarahan usus dengan konsekuensi gagal ginjal. Segeralah berkonsultasi dengan dokter jika Anda memiliki diare kronis.
Artikel yang terkait dengan Cara Mengobati Diare: obat diare mencret, obat diare tradisional, anti diare, obat diare manjur, obat diare anak, obat diare bayi, obat diare alami, obat diare herbal, Cara Mengobati Diare


Pencegahan dan Pengobatan Diare pada Anak



Sekian dulu info dari Penanganan Mengobati Diare, semoga dapat bermanfaat bagi teman-teman semua. Akhir kata saya ucapkan terima kasih telah berkunjung di situs saya.

Hormat saya,

Frans Webert Sinaga

Comments